alamindo 

Sejarah & Perkembangan Komputer

Dewasa ini, Komputer bukan lagi menjadi barang yang unik ataupun mahal, Karena hampir setiap individual sudah (pasti) pernah menggunakan perangkat yang satu ini.baik dalam hal pekerjaan, pembelajaran ,atau hanya sebagai hiburan semata.lantas bagaimana perkembangan computer dari masa ke masa.pada artikel kali ini kami akan menjelaskan mengenai sejarah singkat KOMPUTER.

Pengertian Komputer menurut Wikipedia adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan. Sedangkan , menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah alat elektronik otomatis yang dapat menghitung atau mengolah data secara cermat menurut instruksi, dan memberikan hasil pengolahan, serta dapat menjalankan sistem multimedia (film, musik, televisi, faksimile, dan sebagainya), biasanya terdiri atas unit pemasukan, unit pengeluaran, unit penyimpanan, serta unit pengontrolan.

Bagaimana dengan perkembangan komputer hingga saat ini? Komputer diciptakan oleh manusia untuk membantu manusia dalam mengelolah data oleh karenanya butuh waktu yang tidak sedikit untuk menyelesaikan proyek komputer hingga saat ini. Dalam dunia sejarah Komputer, Sejarawan mengelompokkan perkembangan komputer menjadi 5 generasi

 

Komputer Generasi I

Komputer pertama di dunia tercatat pada tahun 1946 yang dikenal dengan sebutan ENIAC atau “Electronik Numerical Integrator and Computer” di kembangkan oleh pria bernama John W. Mauchly dan J.presper Eckert dari Universitas Pennsylvania. Komputer tersebut mengukan vacuum tubes atau ruang hampa udara sebagai sirkuitnya dan membutuhkan ruangan yang cukup besa. Dalam perkembangan Komputer generasi pertama mengalami pembaharuan seperti komputer benama UNIVAC (universal Automatic Computer) yang sudah menggunakan pita magnetik, Produk ini pun disebut sebagai Komputer komersial pertama di dunai yang digunakan oleh Amerika serikat dimana berfungsi untuk membantu  menghitung sensus penduduk. Generasi pertama berlangsung selama satu dekade, mulai tahun 1946 dan berakhir pada tahun 1956 yang diakhiri dengan sebuat inovasi Komputer bernama IBM 701 dan IBM 650 yang mengalami perubahan sedikit dalam segi penggunaan ruangan dan media penyimpananya.

Electronic Numberical Integrtor and Computer

Komputer Generasi II

Komputer pada generasi kedua sudah banyak mengalami perubahan jika dibandingkan generasi kakaknya terdahulu, selang 4 tahun dari generasi pertama, komputer generasi kedua memiliki ukuran yang lebih kecil, kinerjanya pun lebih cepat dan energy yang digunakan tidak terlalu besar.Bahkan sang creator mulai mengganti kode biner dengan menggunakan bahasa assembly yang terdiri dari singkatan singkatan. IBM 1401 menjadi produk yang sangat laris pada generasi kedua ini tepatnya pada tahun 1965 banyak dari perusahan menengah ketas tertarik menjadikan mesin yang satu ini pembantu pengolah data informasi keuangan.

 

 

Komputer Generasi III

Komputer generasi ke III mengelami perubahan yang sangat drastis dalam ukuran,karena pasalnya pada generasi ini komputer mulai diperkenalkan dengan sebuat sirkuit baru yang dikenal dengan sebutan IC atau Integrated Circuit yang dikkembangkan oleh seorang Insinyur dari Texas Amerika Serikat bernama Jack Kilby. Ia mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Selanjutnya para ilmuan pun berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor,oleh karena itulah  Komputer generasi III memiliki badan yang lebih ramping. Selain perkembangan pada sirkuit,Komputer generasi III pun mulai ada perkembangan dalam oprasi system / operating system  dimana mesin dapat mengerjakan berbagai program secara bersamaan.

 

Komputer Generasi IV

Pada generasi IV komputer sudah melau terlihat lebih ramping dan bahkan ada beberapa brand komputer masa kini berawal dari Komputer generasi IV.Seperti contohnya adalah komputer ciptaan Steven Jobs dan Steve Wozniak yang menamai komputernya dengan  sebutan Apple II. Pada generasi IV hampir sebagian  komputer telah menggunakan sistem operasi dengan konsep GUI (Grapihical User Interface). Seperti sistem operasi Microsoft Windows buatan Microsoft Corp.Selain Apple II salah satu komputer yang lahir pada generasi ini adalah IBM PC yang memilih menggunakan microprocessor intel 8088, 80286, dst

Komputer Generasi V

Banyak teori yang mengemukakan tentang Komputer generasi V, tetapi salah satu teori yang sangat terkenal mengemukakan bahwa komputer generasi kelima terinsirasi dari  komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001: Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Membahas Komputer generasi V tidak akan terlepas dari Negara Jepang,karena Negara ini merupakan pencetus Komputer generasi termuda. Jepang mendirikan ICOT (Institute for new Computer Technology), dengan tujuan untuk   melakukan Pengembangan pada  komputer yang powerfull dan intelligent di masa depan.